Memahami Adjustable Actiation Point dan Rapid Trigger Pada Keyboard

Keyboard yang sedang Trend pada bidang Game Competitive memiliki 2 fitur, yaitu Adjustable Actiation Point dan Rapid Trigger. Kedua fitur ini dirancang untuk player yang sudah memasuki kategori Pro scene atau hanya seorang Competitive Player karena fitur ini sangat membantu.

Lalu Apa itu Adjustable Actiation Point?
Nah, yang disebutkan Adjustable Actiation Point adalah sebuah tombol yang dimana sebelum Input terdaftar oleh system pada umumnya hanya sekitar 2.0 mm. Dengan adanya Adjustable Actiation Point, pengguna bisa mengatur sendiri seberapa jauh tombol agar terdaftar ke dalam system, mulai dari 0.1 mm sampai 4.0 mm Fitur ini bisa di atur melalui software yang sudah disediakan oleh keyboard itu sendiri.

Namun perlu di ketahui juga semakin rendah jarak aktuasinya semakin cepat tombol merespons, ini bisa mempercepat reaksi saat bermain, tetapi bisa juga beresiko karena semakin rendah aktuasinya, akan lama juga untuk reset kembali dikarenakan jika aktuasinya 0.1 mm dan tombolnya menyentuh sampai 4.0mm, ada waktu beberapa detik untuk tombol kembali ke posisi reset. Dalam dunia competitive ini tentunya sangat kursial dikarenakan hanya sekian detik juga sangat bisa memengaruhi sebuah gameplay. Nah, dengan ini Adjustable Actiation Point selalu berdampingan dengan fitur Rapid Trigger.

Lalu, apa sangkut pautnya Adjustable Actiation Point dengan Rapid Trigger?
Pertama, apa itu Rapid Trigger? Rapid Trigger adalah fitur untuk pengguna yang berfungsi mengatur seberapa cepat tombol akan kembali ke posisi awal setelah di tekan. Dengan kata lain, pengguna dapat mengatur jarak reset tombol agar saat ditekan akan kembali ke posisi semula secepat mungkin. Dalam situasi permainan FPS seperti Counter Strike atau Valorant dan game FPS lainnya, hal ini sangat bisa membantu karena pemain bisa langsung secara cepat menggerakan karakter dengan akurasi yang baik tanpa menunggu tombol kembali ke posisi reset. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa mengatur jarak aktivasi dan jarak pelepasan tombol secara terpisah. Misalnya, tombol bisa diatur agar bisa aktif saat ditekan 1.0 mm, tetapi langsung nonaktif saat dilepas 0.15 mm. Hal ini memberikan kontrol yang sangat presisi serta mencegah kesalahan saat bermain.

 

Berikut adalah beberapa contoh dari Keyboard yang memiliki fitur Adjustable Actiation Point dan Rapid Trigger :

1. WOOTING 60 HE

 

 

2. Swift 82

 

 

3. ATK 68

 

 

Kesimpulannya apakah semua Games harus menggunakan keyboard yang memliki fitur seperti ini? Jawaban nya adalah tidak dikarena fitur ini hanya di rancang untuk Game FPS dan player yang competitive karena dengan kedua fitur itu player dapat mendapatkan pengalaman bermain yang baik dan fleksibilitas tinggi, dan juga setiap pengguna Adjustable Actiation Point dan Rapid Trigger di ajukan untuk konfigurasi agar cocok untuk pengguna

Jika ingin penjelasan yang lebih lengkap dan jelas anda bisa lihat video di bawah ini

https://youtu.be/eZENx1T7OLw?si=_2-DzzC6X9GCaejg

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENJELASAN TENTANG FAKE FRAME DARI FITUR TERBARU NVDIA RTX SERIES 50 FRAME GENERATION

Snapdragon di Laptop Windows : Masa Depan Baru atau Batasan Baru?